Pastikan Pasokan Listrik Aman Jelang Pemilu 2024, PLN Siapkan Posko Siaga Kelistrikan di Sumatera Utara

Menjelang Pemilu 2024 yang tinggal hitungan hari, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara telah mempersiapkan personil dan sistem kelistrikan dalam kondisi aman. PLN juga menetapkan masa siaga Pemilu mulai dari tanggal 11 hingga 18 Februari 2024.

topmetro.news – Menjelang Pemilu 2024 yang tinggal hitungan hari, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara telah mempersiapkan personil dan sistem kelistrikan dalam kondisi aman. PLN juga menetapkan masa siaga Pemilu mulai dari tanggal 11 hingga 18 Februari 2024.

PLN memproyeksikan beban puncak sistem Sumatera Utara pada pelaksanaan Pemilu tanggal 14 Februari 2024 mencapai 1.980 megawatt (MW). Sedangkan Daya Mampu Pasok (DMP) sebesar 2.343 MW. Kemudian beban puncak Sistem Isolated Nias mencapai 33 megawatt (MW) dengan Daya Mampu Pasok sebesar 67 megawatt (MW).

General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto menyampaikan bahwa mereka berkomitmen untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024. PLN juga memastikan pasokan listrik selama masa siaga Pemilu dalam kondisi andal.

“Selama masa siaga, PLN tidak akan melakukan pemadaman terencana, kecuali emergency. PLN juga telah mempersiapkan 373 posko siaga yang siap membantu jika terjadi gangguan,” ujar Saleh, Jumat (9/2/2024).

Saleh menambahkan, siaga Pemilu berlangsung serentak di 10 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), satu Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D), satu Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan Sumatera Utara (UP2K SU), dan 67 Unit Layanan Pelanggan.

“Demi kelancaran proses pelaksanaan Pemilu, PLN akan memprioritaskan menjaga pasokan kelistrikan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), 33 Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), dan 448 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” tambah Saleh.

Siaga

Untuk menjaga keandalan pasokan, PLN UID Sumatera Utara telah mempersiapkan petugas siaga sebanyak 3.075 personil gabungan pegawai dan Tenaga Alih Daya (TAD). Juga ada 46 personil Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). Peralatan pendukung juga telah siaga, yakni 10 unit ‘Uninteruptible Power Supply’ (UPS) dan 100 unit genset.

PLN UID Sumatera Utara juga mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan listrik secara illegal saat pelaksanaan Pemilu 2024 agar terhindar dari resiko kebakaran. Jika terjadi gangguan masyarakat dapat melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile. Selain itu, pemilik kendaraan listrik dapat menggunakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama periode siaga Pemilu berlangsung.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment